Tuesday, March 5, 2013

Tips cepat belajar bahasa inggris

Belajar bahasa inggris sangatlah berkaitan dengan faktor kebiasaan. Contohnya bisa kita lihat pada anak kecil yang sedang berkembang, anak itu mengucapkan kata - kata dengan lantang dan tidak ada rasa malu walaupun kata - kata yang di keluarkan tidak jelas apa artinya, namun dengan kebiasaan berbicara walaupun tidak jelas apa yang di katakannya dan dengan seiring berjalannya waktu dia mulai bisa untuk berbicara menggunakan bahasa yang dipakai otang-orang di sekitarnya. Dan ini berlaku juga pada kita yang ingin belajar bahasa inggris, teruslah berlatih mengucapkan kata - kata bahasa inggris walaupun cara pengucapannya belum benar. Seperti kata pepatah "bisa karena terbiasa". 

Berikut ini tips - tips cara  belajar bahasa inggris bacalah dengan seksama

  • Tetapkan hati, niat dan tekad anda untuk bisa mengusai bicara berbahasa Inggris. Jika sudah ada kemauan yang kuat dalam hati, maka jalan selanjutnya akan lebih mudah.
  • Sering-seringlah untuk mendengarkan lagu yang berbahasa inggris. Membiasakan diri kita untuk mendengarkan lagu yang  menggunakan bahasa inggris maka secara tidak langsung kita membiasakan diri mendengar kosakata bahasa inggris, dan akhirnya kosakata anda akan semakin bertambah. Langkah selanjutnya bila anda tidak tahu arti dari kata yang anda temui tersebut segeralah untuk mencarinya didalam kamus serta tulislah kosakata yang baru anda temukan tersebut dalam sebuah saku usahakan untuk membuatnya dengan rapi, supaya dapat dengan mudah dipelajari lagi.
  • Pelajari  cara mengucapkan alphabet dalam bahasa Inggris dari a sampai z, angka-angka, dan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar bahasa Inggris seperti :  kamu, aku,  dia, mereka, disana, mengapa, siapa,  dimana, apa kabarmu, baik, dsb. Ini bisa anda pelajari dari buku-buku pelajaran bahasa Inggris manapun. Lebih bagus lagi jika anda bisa mempelajarinya di internet memanfaatkan mesin pencari google. Tujuan mempelajari kata-kata dan kalimat sederhana ini adalah untuk menumbuhkan minat sekaligus meningkatkan semangat anda dalam belajar karena merasa bisa setelah belajar hal-hal yang mudah.
  • Berbicara dengan menggunakan bahasa inggris. Biasakan untuk berbicara bahasa inggris dimulai dari perihal yang kecil ataupun sederhana. Dari kosakata yang sudah anda punya. Bila anda sudah terbiasa untuk menggunakan bahasa inggris yang sederhana mulailah menggunakan tingkatkan untuk menggunakan kata-kata yang lebih komplek lagi, bisa juga dengan menyanyikan lagu-lagu yang menggunakan bahasa inggris.
  • Pelajarilah tata bahasa Inggris (grammar), baik ketika anda sudah menguasai cukup banyak kata-kata bahasa Inggris ataupun dilakukan secara bersamaan dengan menghapal kosakata. Anda bisa memanfaatkan buku apa saja pada awalnya. Setelah anda memiliki cukup bekal kosakata, atau sudah bisa memanfaatkan kamus dan mencari arti kata bahasa inggris dengan cepat, maka janganlah segan-segan memiliki buku tata bahasa (English Grammar) yang tebal-tebal dan bagus. Pelajari dengan teratur, rajin, dan berkesinambungan. Jangan takut jika ada sebagian tata bahasa yang membuat anda bingung. Tak masalah, yang penting hal-hal dasar mampu anda kuasai seperti menyusun kalimat yang benar dalam konteks saat ini (present tense), masa lalu (past tense), masa akan datang, yang sudah terjadi, dsb. yang bisa anda pelajari bertahap. Internet juga bisa anda manfaatkan dalam belajar tata bahasa Inggris saat ini.
  • menonton film yang menggunakan bahasa inggris
    bila anda melihat film usahakan untuk melihat film yang anda lihat adalah film yang menggunakan bahasa inggris, bisa juga anda menonton film dengan subtitle yang menggunakan subtitle bahasa inggris. 
  • Banyak-banyak membaca artikel atau tulisan bahasa Inggris seperti dari internet, koran / majalah bahasa Inggris, buku-buku bahasa Inggris, dsb. Dengan bekal beberapa kosakata, dan tata bahasa dasar yang telah anda kuasai, anda diharapkan paling tidak sudah bisa mengerti tulisan bahasa Inggris. Walaupun cuma sepertiga atau sepersepuluh paragraf yang anda bisa tahu, tak masalah. Jangan takut ! Anda masih dalam tahap belajar. Dengan membaca tulisan berbahasa Inggris, anda malah akan bisa menambah kosakata anda yakni dengan menandai kata yang tak dimengerti lalu mencari tahu artinya. Anda juga akan dapat gambaran bagaimana tata bahasa Inggris atau cara menyusun kata-kata untuk menjadi sebuah kalimat yang baik dalam bahasa Inggris dengan membaca tulisan-tulisan tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.